PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

DINAS PENDIDIKAN

 SMK NEGERI 1 JAPARA

Menuju Sekolah Era Pendidikan Digital dan Industri 4.0

Archives

Follow on Facebook

Follow on Instagram

Follow on Youtube

Follow on Tweeter

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Visi

Menciptakan Lulusan Sugih Pangarti Jembar Pangabisa yang Profesional dan berjiwa wirausaha pada bidang Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) dalam mencapai kompetensi siswa berdasarkan Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
  2. Meningkatkan kualitas kompetensi Guru dan Staf Administrasi Kejuruan dalam mewujudkan Standar Pelayanan Minimal ( SPM )
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung penguasaan Sertifikasi / LSP dan EPITECH pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif .
  4. Meningkatkan kualitas Organisasi, Manajemen kompetensi keahlian dan Managemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan yang kompetitif
  5. Meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pembinaan guru dan kesiswaan dalam mewujudkan IMTAQ , sikap kemandirian dan berjiwa wirausaha.
  6. Meningkatkan kemitraan dengan DU/DI sesuai dengan prinsip demand driven.
  7. Meningkatkan kualitas pengelolaan Produk Kreatif dan Kewirausahaan/ Bissnis Center dalam menunjang kualitas SDM
  8. Memberdayakan lingkungan sekolah dalam mewujudkan Menciptakan Usaha sekolah dalam bentuk wirausaha jurusan ( Produk Kreatif dan Kewirausahaan ) di Jurusan teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja mandiri mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha/dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari, baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi keahlian yang terserifikasi LSP / Dunia Usaha – Dunia Industri sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

Strategi Pengembangan Teknik Kendaraan Ringan meliputi

  1. Menyusun Kurikulum Implementatif di Satuan Pendidikan SMKN 1 Japara pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Pengembangannya serta terwujudnya Buku Kurikulum Dokumen 1 , Dokumen 2 dan Silabus .
  2. Menyusun , Mengkoordinasikan dan Menetapkan Mulok , extrakurikuler ( Pengembangan diri ) dan KI-KD nya bersama Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan Bidang Kurikulum.
  3. Menyusun Struktur Kurikulum , Menyusun Jumlah jam Perminggu ,dan Kalender Pendidikan Sekolah dan Kalender Pendidikan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif bersama Waka Kurikulum,sesuai SK yang di keluarkan kepala sekolah.
  4. Menetapan / Mengesahkan Kurikulum Implementatif edisi terbaru tingkat satuan pendidikan Oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah X dan Propinsi.
  5. Menyusun Format Administrasi kurikulum dan administrasi Guru dalam persiapan pelaksanaan Kegiatan IHT yang akan di laksanakan oleh Satuan Pendidikan
  6. Melakukan analisis dan pengembangan KI-KD pada mata pelajaran peminatan yaitu mata pelajaran peminatan C1 , C2 dan C3 dan tingkat Guru Mata Pelajaran Muatan Nasional ( A ) dan Muatan Kewilayahan ( B ).
  7. Menyusun Administrasi Guru pada mata pelajaran kejuruan yaitu mata pelajaran peminatan C1 , C2 dan C3 dan tingkat Guru Mata Pelajaran Muatan Nasional ( A ) dan Muatan Kewilayahan ( B ).
  8. Menyusun Pelaksanaan Program Ramedial dan Program Pengayaan pada mata pelajaran Muatan Peminatan ( C 1 )
  9. Menyusun Program Pelaksanaan Penilaian Ketuntasan KI-KD pada mata pelajaran muatan peminatan ( C ) dalam proses berjalanya kegiatan pembelajaran dan ketuntasan KI-KD
  10. Menyusun Program Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS ) dan Penilaian Akhir Semester ( PAS ) dengan System Skill Pashport pada KI-KD Kompetensi Kejuruan.
  11. Menyusun Program Kerja Uji Kompetensi Kenaikan Tingkat dalam melakukan penilaian Raport kenaikan tingkat dan ketuntasan KI-KD Kompetensi Kejuruan.
  12. Melakukan Program Supervisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) oleh kepala Program dan Tindak lanjut nya disesuaikan dari Tugas yang di berikan Kepala sekolah .kepada kepala kompetensi keahlian
  13. Menyiapkan Sarana Prasaran Praktek sebagai implementasi Kurikulum 2013 satuan pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai acuan/pedoman untuk meningkatakan Pengembangan Pembinaan pembelajaran dalam bidang keahlian, agar menjadi lulusan yang Jembar Pangabisa.
  14. Menyiapkan sarana belajar ( Perangkat Pembelajaran ) yaitu Modul dan buku pedoman/panduan ( reverensi ) disesuaikan dengan jumlah Rombel dan jumlah siswa agar menjadi lulusan yang Sugih Pangarti.
  15. Menyusun tata tertib bengkel /praktek/ guru/siswa dan peraturan sekolah dalam rangka pembinaan disiplin warga sekolah.
  16. Menyiapkan tenaga pengajar/ tenaga pendidik sesuai dengan bidang keahlian yang di butuhkan.
  17. Bekerjasama dengan lembaga / institusi / Du-Di dan Instansi terkait dalam rangka meningkatkan SDM Tenaga pendidik Melalui Pelatihan – pelatihan susuai kompetensi keahliannya.

Struktur Organisasi Kompetensi Keahlian

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

SMK NEGERI 1 JAPARA

Guru Pengajar Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Jaelani, S.Pd.

Jaelani, S.Pd.

Ketua Kompetensi TKRO

Guruh Kahfi, ST

Guruh Kahfi, ST

Guru

Vini Deliana, ST.

Vini Deliana, ST.

Guru

Yoga Heryanto, S.Pd.

Yoga Heryanto, S.Pd.

Guru

Yuda Priatna, ST.

Yuda Priatna, ST.

Guru

Yaya Sukmaya

Yaya Sukmaya

Toolman TKRO

Alamat Sekolah :

Jalan Raya Puskesmas Japara,
Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan 45551, Jawa Barat,
Telp. +62-232-636161 , Fax. +62-232-636161,
Website : www.smkn1japara-kng.sch.id

Facebook

This message is only visible to admins.

Problem displaying Facebook posts.
Click to show error

Error: Server configuration issue